KOCOMOTO

Worrying won’t stop bad things from happening. It only stops you from enjoying the good.

Thinks like Rarindra

8 Comments

*Sok tau Mode On

Counter

Ratusan bahkan ribuan orang dibuat terpesona dengan karya-karya Rarindra D. Prakarsa atau lebih dikenal dengan RDP (termasuk saya), banyak juga yang mencari tau cara mengolah foto yang dilakukan oleh Rarindra. untuk yang belum pernah melihat hasi karya-karya Rarindra dapat melihatnya di link ini : http://www.rarindra.co.cc/ .

Pada kesempatan ini saya coba menganalisa bagaimana cara mengolah foto agar tampak seperti karya-karya Rarindra dengan menggunakan software photoshop. ada beberapa poin yang bisa saya analisa pada karya-karya Rarindra, yaitu :

1. Sudut pandang
2. Detail / Ketajaman Foto
3. The Mist
4. Light source
5. Tone
6. Hightligh & shadow

Sekarang saya mencoba menelaahnya satu persatu, yang pertama adalah :

I. Sudut Pandang

Jika diperhatiakan, Rarindra menggunakan sumber cahaya alami yaitu matahari, untuk memotret kegiatan anak-anak seperti foto-foto diatas kita harus memperhatikan arah sinar yang jatuh pada objek, disini terlihat bahwa Rarinda mengambil gambar dari sudut dimana bagian terang dan gelap atau setidaknya objek dapat terlihat dengan jelas.

II. Detail & Ketajaman Foto
salah satu yang menarik dari Foto-foto karya Rarindra adalah ketajamannya, sehingga tampak seperti lukisan.


ada banyak cara untuk menaikan ketajaman foto. salah satunya adalah dengan menggunakan software photoshop. cara yang biasa saya lakukan adalah :
1. duplicate layer foto
2. pilih filter>other>high pass…
3. set di radius 1 – 1.5 (tergantung tingkat ketajaman yang diinginkan)
4. ubah blending duplicate layer tadi menjadi “vivid color”

atau anda bisa menggunakan software lucisart.

III. The Mist

Sebagian besar karya-karya Rarindra bernuansa pagi, ini ditandai dengan adanya kabut / mist serta bias sinar matahari. dari sudut pandang saya, kabut disini selain untuk memperkuat nuansa pagi juga berfungsi untuk mengisolasi objek terhadap backgroud. selain dengan menggunakan kabut, Rarindra juga seirng menggunakan bidang gelap untuk mengisolasi objek sehingga point of interest dari foto tersebut dapat dengan mudah terlihat.

Bagaimana membuat kabut / bidang hitam ? sekali lagi dengan bantuan software photoshop kita bisa membuat kabut atau bidang hitam. ada banyak cara untuk membuat kabut contohnya :

i. Dengan layer putih
1. buat layer baru diatas layer foto
2. pilih gradient tool dan pilih foreground to transparant.
3. pilih warna putih pada color palette.
4. tarik dari bagian sumber cahaya pada foto.
5. ubah blending layer tersebut menjadi softlight / ovelay
6. masking bagian-bagian yang tidak ingin terkena kabut (misalnya objek)

ii. Dengan hue/saturation
anda juga bisa membuat kabut dengan hue/saturation. cara ini saya dapat dari mas Bimbo Ratuk thanks Mas untuk sharingannya . caranya adalah :

1. buat adjustment layer
2. pilih hue/saturation
3. geser lightness kearah kanan sampai intensitas yang kita inginkan
4. masking bagian-bagian yang tidak ingin tertutup kabut.

IV. Light source
 
Seperti saya sebutkan sebelumnya yang memperkuat nuansa pagi pada Foto-foto karya Rarindra adalah kabut dan bias sinar, sekali lagi banyak cara untuk membuat bias sinar. bisa dengan menggunakan photoshop atau dengan cara mudah yaitu dengan menggunakan softwa Autofx mystical lighting.

untuk membuat bias sinar dengan menggunakan photoshop bisa membacanya disini

V. Tone

Perubahan tone pada foto-foto karya Rarinda sangat beragam, disatu sisi saturasinya di kurangi (biasanya pada bagian pepohonan, atau background) di sisi lain saturasi dinaikan (biasanya pada objek dan benda-benda disekitar objek) tone-tone yang digunakan sangat sederhana, namun sulit untuk didapatkannya (terutama untuk saya).

dengan menggunakan photosop kita bisa memanipulasi tone pada foto dengan cara :

1. menambahkan adjustment layer hue/saturation dengan menggeser arah saturasi ke arah kiri.
2. menambahkan adjustment layer color balance / selective color dan bereksperimen.

VI. Hightlight & Shadow

hal utama yang membuat saya tertarik dengan karya-karya Rarindra adalah foto-fotonya adalah pencahayaannya yang sempurna (menurut saya loh, yang gak sepaham jangan sirik). menurut saya ini dihasilkan oleh penempatan daerah terang dan gelap yang pas sehingga daerah gelap dan terang tampak begitu natural.

Jika pada poin-poin sebelumnya saya sudah membahas mengenai cahaya, sekarang saya coba membahas mengenai bayangan. untuk membuat bayangan / area gelap  atau setidaknya memperkuat bayangan dengan menggunakan photoshop bisa dengan banyak cara , salah satunya yang sering saya pergunakan adalah dengan menambahkan satu layer dengan blending softlight atau overlay kemudian dengan menggunakan brush / gradient tool dan foreground colour berwarna hitam, kita bisa mulai membuat / menajamkan area gelap / bayangan pada foto kita.

sebagai tambahan, untuk menghaluskan perpindahan antara daerah terang dan gelap (terutama daerah gelap) kita bisa menambahkan satu adjustment layer lagi dengan tipe selective color, pilih warna hitam untuk di adjust, dan geser bagian “black” kearah kanan sesuai selera.

Well, demikian saja yang bisa saja analisa dari karya-karya Mas Rarindra D. Prakarsa. mudah-mudahan bermanfaat, jika ada yang tidak sesuai mohon dikoreksi. mengutip tulisan mas Bimbo, banyak jalan menuju roma !  banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan foto-foto seperti karya mas Rarindra.

Advertisements

8 thoughts on “Thinks like Rarindra

  1. gak iso-iso…angel yo, thanks for share!

  2. mantab bos ijin copas boleh tidak??

  3. wah ijin coppas juga ya mas 🙂

  4. makasih inspirasi nyamz ijin copas nya ya mz, ditunggu selanjutnya , lsg coba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s