KOCOMOTO

Worrying won’t stop bad things from happening. It only stops you from enjoying the good.

Limewire yang bikin Kesel

Leave a comment

Sudah seminggu bingung ngeliatin bandwidth monitor yang mentok mulu di batas maksimum, akhirnya terjawab sudah hari ini.

Tahap Pertama : Mencari tersangka.
——————————————————

 prasangka buruk tentang user yang menggunakan download manager untuk mendownload dari internet akhirnya terbuka, dan tersangka utamanya dalah software sharing yang bernama “limewire”, software ini sejenis denga software kaza yang dulu sempat tenar sebagai software yang memudahkan kita untuk mencari file2 di internet. tapi tanpa disadari penggunanya bahwa dengan menginstall software2 sharing tersebut, meraka juga membuka celah pada komputer mereka untuk di masuki oleh pengguna software-software sharing lainnya di internet.

Tahap Kedua : Solusi
——————————————————

Ok, tahap selanjutnya adalah bagaimana cara menangkal koneksi dari lime wire tersebut, langkah ini memerlukan analisa dari traffic yang dibuat oleh software limewire ketika software tersebut mulai dioperasikan sampai pada tahap mendowload-an file.

Analisa Sepihak :

dari data traffic internet di dapat bahwa sewaktu kita mulai mengoprasikan limewire, dan mulai mencari file melalui software itu, limewire berusaha untuk melakukan kontak dengan website http://results.limewire.com. Jika file-file yang sesuai dengan kata kunci yang kita cari telah terlihat, kita baru bisa melakukan proses download,nah sewaktu kita menklik tombol download itu,lime wire akan mulai melakukan proses download dari sumber file yang ada di internet ( kemungkinan file-file yang kita download dari limewire merupakan file-file pengguna limewire yang sedang online di internet ).

kembali ke traffic internet, ketika limewire mulai mendownload file-file dari internet terlihat bahwa sumber file0file tersebut adalah IP , bukan domain/URL, dan port yang digunakan juga acak, tidak terpola (gak teliti kali ngeliatnya). nah dengan ciri-ciri seperti ini bagaimana cara memblokir nya ?

Solusi 1 : Dengan membatasi koneksi internet user yang positif menggunakan limewire.
               solusi ini ternyata tidak berhasil karena dengan membatasi kecepatan koneksi     internet  user pengguna limewire akan mengakibatkan user tersebut tidak bisa menggunakan aplikasi internet lainnya (email / browsing) ketika ia sedang menggunakan limewire karena bandwidth yang kita batasi telah penuh terpakai oleh software tersebut.

Solusi 2 : Dengan memodifikasi firewall. Cara ini ternyata berjalan dengan baik, cara nya, kita   harus mem-blok semua koneksi keluar yang melalui protokol TCP mulai dari port 1 sampai dengan port 65535, nah setelah itu baru kita buka port-port yang ingin kita buka , misal port 80, 443, 25,110 dts (sesuai dengan kebutuhan).jangan lupa untuk memblok URL yang mengandung kata “limewire” untuk mencegah user lain mendownload software tersebut.

Yah begitulah laporan mingguan bulan ini. selamat mendownload :p

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s